Senin, 26 Agustus 2013

TUGAS PRAKTIKUM PERLINTAN PERLINDUNGAN TANAMAN DAN HAMA

Paraf

Paraf
 
Tanggal praktikum    :
Judul praktikum         : pengenalan alat
Nama                             : hilman hilmawan
Kelas                              : F
Kelompok                    : 3
Asisten                                          : -

No
Nama & gambar alat
Fungsi
Cara penggunaan
1
Autoclave







autoclave, autoklaf, sterilisasi, alat otomatis
Autoklaf adalah alat pemanas tertutup yang digunakan untuk mensterilisasi suatu benda menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi (1210C, 15 lbs) selama kurang lebih 15 menit. Penurunan tekanan pada autoklaf tidak dimaksudkan untuk membunuh mikroorganisme, melainkan meningkatkan suhu dalam autoklaf. Suhu yang tinggi inilah yang akan membunuh microorganisme. Autoklaf terutama ditujukan untuk membunuh endospora, yaitu sel resisten yang diproduksi oleh bakteri, sel ini tahan terhadap pemanasan, kekeringan, dan antibiotik. Pada spesies yang sama, endospora dapat bertahan pada kondisi lingkungan yang dapat membunuh sel vegetatif bakteri tersebut. Endospora dapat dibunuh pada suhu 100 °C, yang merupakan titik didih air pada tekanan atmosfer normal. Pada suhu 121 °C, endospora dapat dibunuh dalam waktu 4-5 menit, dimana sel vegetatif bakteri dapat dibunuh hanya dalam waktu 6-30 detik pada suhu 65 °C.

Pertama tama buka penutup autoklaf kemudian masukan yang akan diseterilkan dan jangan lupa isi air bagian bawa tabung autoklaf yang sudah ada tempat airnya. Masukan alat alat yang akan diseterilkan dan tambahkan air pada alat alat yang akan diseterilkan tunggu hingga 5-15 menit hingga jarum suhu mencapai 260 jika sudah jgn langsung dibuka tunggu jarum suhu kembali keposisi 0 kemudian bisa dibuka.












No
Nama & gambar alat
fungsi
Cara penggunaan
2





















3
Mikroskop
http://sulistyaindriani.files.wordpress.com/2010/07/mikroskop3.jpg?w=300&h=291








Water bath
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhko5NVxdEGg5b3JAFXD6c1M-RBfGEjbvuUYxVcOY9Pc46f5HSpfibC2zBMpw6trPlKkLPO-DZx01lzVmRTC6f2yk8SqdJ6gD5k3bF3YhwJhx8k7SzLxWAha2VE15Y4t67AzjAl1aIQz24/s1600/Waterbath+-+Penangas+Air.jpg
Mikroskop adalah alat yang di gunakan untuk melihat, atau mengenali benda-benda renik yang terlihat kecil menjadi lebih besar dari aslinya.



















1.      Pemanasan pada suhu rendah 300C sampai 1000C
2.      Menguapkan zat atau larutan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi

Letakaka objek pada meja mikroskop kemudian pilih lensa yang dinginkan untuk melihat objek lebih jelas.

















Pada saat dingin mensterilisasi steker dihidupkan, dipilih suhu (temperatur) yang diinginkan (jika memungkinkan) dan atur. Pengaturan harus dilakukan sesuia dengan pembacaan thermostat (bila tersedia), atau sesuai dengan suatu sistem pengawasan suhu.





No
Nama & gambar alat
Fungsi
Cara penggunaan
4
Retavavor

































Laminar air flow



Oven






Shaker
untuk mengefisienkan dan mempercepat pemisahan pelarut dari suatu larutan. Alat ini menggunakan prinsip vakum destilasi, sehingga tekanan akan menurun dan pelarut akan menguap dibawah titik didhnya. Rotary evaporator sering digunakan dibandingkan dengan alat lain yang memiliki fungsi sama karena alat ini mampu menguapkan pelarut dibawah titik didih sehingga zat yang terkandung di dalam pelarut tidak rusak oleh suhu tinggi.






























Laminar Air Flow (LAF) digunakan sebagai ruangan untuk pengerjaan secara eseptis. Prinsip penaseptisan suatu ruangan berdasarkan aliran udara keluar dengan kontaminasi udara dapat diminimalkan.




Alat ini digunakan untuk mensterilkan alat ±alat seperti gelas dan dalam batas ± batas tertentu dapat juga digunakan untuk mensterilkan bahan ± bahan seperti kapas, kertas, dan kain. Pada umumnya suhu yang digunakan adalah 170 ± 180o C selama paling sedikit dua jam. Lamanya sterilisasi tergantung pada jumlah dan ketahanan alat atau bahan yang akan disterilkan terhadap panas.


Untuk melarutkan larutan larutan yang akan dijadikan satu.


Rotary evaporator bekerja seperti alat destilasi. Pemansan pada rotary evaporator menggunakan penangas air yang dibantu dengan rotavapor akan memutar labu yang berisi sampel oleh rotavapor sehingga pemanasan akan lebih merata. Selain itu, penurunan tekanan diberikan ketika labu yang berisi sampel diputar menyebabkan penguapan lebih cepat. Dengan adanya pemutaran labu maka penguapan pun menjadi lebih cepat terjadi. Pompa vakum digunakan untuk menguapkan larutan agar naik ke kondensor yang selanjutnya akan diubah kembali ke dalam bentuk cair.















Buka penutup pada oven kemudian masukan bahan bahan yang akan di setrilkan kemudian tunggu hingga 2 jam atau lebih. Kemudian angkat bahan dari oven.





















Masukan larutan kedalam gelas ukur kemudian letakan pada shaker dan aktifkan alat shaker, tunggu beberapa saat hingga larutan menjadi satu.






Tidak ada komentar: